Sabtu, 06 Agustus 2011

Pertanyaan Gelandangan Korea Selatan kepada orang Indonesia ..


Korea Selatan adalah sebuah negara industri maju yang mampu memberikan jutaan lapangan kerja untuk rakyatnya,disini bukan Masyarakat yang susah mencari Kerja seperti di Indonesia tetapi malah Pabrik-pabrik atau tempat usaha lainnya yang susah mencari karyawan atau pekerja.

Namun seperti di negara-negara Industri maju lainnya di bumi ini yang namanya gelandangan dan pengemis itu pasti akan selalu ada. begitupun di Korea selatan.

Mereka biasanya adalah orang-orang tua yang usia sekitar 50 tahun keatas atau jika masih muda mereka adalah mempunyai kekurangan mental. dan di Osan Yok (stasiun Osan) daerah tempat saya tinggal dan bekerja jumlah merka cukup banyak.kemarin Saya hitung jumlahnya sekitar 12 orang karena mereka biasanya bergerombol maka mudah menghitungnya. mereka biasanya meminta uang atau rokok kepada orang-orang yang sedang duduk-duduk di taman depan stasiun.mereka tidak pernah memaksa jika meminta (itu berdasar pengalaman saya pribadi,tidak tahu kepada orang lain.namun rasanya memang mereka tidak berani memaksa sebab saya pernah lihat ada gelandangan di stasiun Cheonan yang dibawa polisi karena dilaporkan oleh orang korea sendiri,mungkin karena meminta secara paksa).

Pada liburan musim panas tahun 2008 yang lalu sewaktu Saya dan teman-teman sedang duduk-duduk di taman depan stasiun Suwon tiba-tiba Kami didatangi oleh seorang gelandangan,kenapa Saya tahu itu gelandangan? karena Dia bukan seperti orang Korea pada lazimnya yang berpakaiannya necis-necis dan trendy meskipun sudah tua,dia kucel dan dekil…terus mukanya juga kotor

“yaa..no odi nara ? (heyy..kalian berasal dari negara mana?)” tanya si gelandangan

“uri Indonesia saram (kami orang Indonesia)” jawab Kami kompak

“Indonesia? Indonesia nara nomu kenggo ani? (Indonesia? bukankah Indonesia itu negara yang sanagt besar)” tanya si gelandangan lagi

“nee maja…(iya …benar)” jawab kami

terus gelandangan itu tiba-tiba tanya dengan nada jutek membuat kaget Kami

“no nara nomu kenggo…we hangguk ilhe? Indonesia il opso? (NEGARA KALIAN SANGAT BESAR TAPI KENAPA KERJA DI KOREA? APAKAH DI INDONESIA TIDAK ADA PEKERJAAN?)”

mendengar pertanyaan gelandangan tersebut Saya tadinya tersinggung dan marah dan Kami tidak menjawabnya.

namun itu seharusnya bisa melecut Bangsa Indonesia.

bisakah Anda menjawab pertanyaan hebat gelandangan Korea Selatan itu ?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar