Jumat, 11 Maret 2011

Shock depan SW keras ?? Kawin silang saja sama Vario ...

Berdasarkan pengalaman saya Shock Skywave, kompresi (tekanan) juga rebound (tendangan balik) peredam kejut skubek Suzuki jauh lebih keras. Bahkan dengan Skydrive yang masih varian Suzuki, konon sangat terasa bedanya...

Saya membanding kan beberapa Varian , muali dari Varian Mio  (kecuali Xeon), Varian Vario (kecuali PCX) dan Kymco . ternta emang SW shock depan lebih keras ..

Agar Skywave kembali nyaman saat mengendarinya, saya pun coba mengganti komponen di dalam tabung terutama pegas dengan punya VARIO . Alhasil, redaman sok depan lebih nyaman tanpa mengubah bentuk juga diameter lubang di pipa suling.

Komponen penganti di dalam tabung sok yang cocok dan sudah pernah dicoba adalah pegas punya Honda Vario. Dan perggantian ini mesti diimbangi dengan menaikkan kapasitas oli standar dari 53 ml menjadi 60 ml.

Hasilnya  rebound (tendangan balik) lebih stabil. Bahkan saat pipa menekan tabung, kompresinya tidak terlalu keras. Sebab per Vario lebih renggang dibanding Skywave yang sedikit rapat.

Oh ya saya beli per ini hanya 26 rb / pasang ... cukup murah,, :)


Prinsip pemasangan juga sama. Sepatbor dan tebeng depan lebih dulu dibuka. Lalu pegas dikeluarkan dari pipa dan tabung, caranya buka penutup dan ring klip pengunci di atas pipa tubular pakai tang lancip. Lantas pisahkan  dari segitiga untuk membuang oli hingga tuntas agar bisa diganti baru.

Setelah per asli dilepas, lanjut masukkan per Vario ke dalam tabung sok Skywave. Dilanjut memasukkan oli ke masing-masing tabung sesuai setingan awal yaitu 53 ml-60ml , sebelum pegas kembali ditutup dengan klip penguncinya.

“Volume oli juga bisa dikurangi atau dilebihkan sesuai beban dan kebutuhan pengendara. Namun dengan ubahan ini, tetap terjadi penambahan volume oli untuk menjaga kestabilannya,” ...

oKE guys ... silahkan di coba ,,

5 komentar:

  1. bro, kayaknya penjelasannya ada yang kurang karena ukuran tinggi vario jauh melebihi per std sw,...jadi mungkin yg harus ditambahkan per varionya dipotong lagi sesuai dengan ukuran per std sw,....thanks

    BalasHapus
  2. Gw dah ganti per sw dgn per vario,tp kok malah jd keras ya?tp emang sdkit lbih enak,agak membal saat pengereman mendadak.thanks.

    BalasHapus
  3. Sorry brother klo semisalnya mau ganti satu set shock depan SW, yang cocok kira2 punya motor apa yaa?? Tks

    BalasHapus
  4. Sorry brother klo semisalnya mau ganti satu set shock depan SW, yang cocok kira2 punya motor apa yaa?? Tks

    BalasHapus
  5. ini tips yang ada di otomotif.grid.id nih

    BalasHapus