Saya membanding kan beberapa Varian , muali dari Varian Mio (kecuali Xeon), Varian Vario (kecuali PCX) dan Kymco . ternta emang SW shock depan lebih keras ..
Agar Skywave kembali nyaman saat mengendarinya, saya pun coba mengganti komponen di dalam tabung terutama pegas dengan punya VARIO . Alhasil, redaman sok depan lebih nyaman tanpa mengubah bentuk juga diameter lubang di pipa suling.
Komponen penganti di dalam tabung sok yang cocok dan sudah pernah dicoba adalah pegas punya Honda Vario. Dan perggantian ini mesti diimbangi dengan menaikkan kapasitas oli standar dari 53 ml menjadi 60 ml.
Hasilnya rebound (tendangan balik) lebih stabil. Bahkan saat pipa menekan tabung, kompresinya tidak terlalu keras. Sebab per Vario lebih renggang dibanding Skywave yang sedikit rapat.
Oh ya saya beli per ini hanya 26 rb / pasang ... cukup murah,, :)
Setelah per asli dilepas, lanjut masukkan per Vario ke dalam tabung sok Skywave. Dilanjut memasukkan oli ke masing-masing tabung sesuai setingan awal yaitu 53 ml-60ml , sebelum pegas kembali ditutup dengan klip penguncinya.
“Volume oli juga bisa dikurangi atau dilebihkan sesuai beban dan kebutuhan pengendara. Namun dengan ubahan ini, tetap terjadi penambahan volume oli untuk menjaga kestabilannya,” ...
oKE guys ... silahkan di coba ,,
bro, kayaknya penjelasannya ada yang kurang karena ukuran tinggi vario jauh melebihi per std sw,...jadi mungkin yg harus ditambahkan per varionya dipotong lagi sesuai dengan ukuran per std sw,....thanks
BalasHapusGw dah ganti per sw dgn per vario,tp kok malah jd keras ya?tp emang sdkit lbih enak,agak membal saat pengereman mendadak.thanks.
BalasHapusSorry brother klo semisalnya mau ganti satu set shock depan SW, yang cocok kira2 punya motor apa yaa?? Tks
BalasHapusSorry brother klo semisalnya mau ganti satu set shock depan SW, yang cocok kira2 punya motor apa yaa?? Tks
BalasHapusini tips yang ada di otomotif.grid.id nih
BalasHapus