Senin, 28 Februari 2011

Mandiri adalah sikap mental ...

Benar dalam hidup kita membutuhkan orang lain , tetapi menikmati hidup dengan membebani hidup orang lain adalah suatu bukan tindakan mulia.  Jadi menjadi manusia yang mandiri adalah menjadi manusia yang punya harga diri.

Allah sendiri menegaskan tidak akan merubah nasib suatu kaum, jika kaum itu tidak mau merubah dirinya sendiri . Berarti setiap dari kita pada hakekatnya berkemampuan untuk merubah nasib, mengarungi hidup.

Bersikap mandiri akan mempunyai wibawa,dalam level apapun dia.. Lihatlah seorang pejabat yang berpangkat tinggi, berpenampilan gagah, berumah mewah, tapi gemar melakukan pungutanyang tidak semestinya ..maka ia tak beda dengan pengemis.. bahkan lebih rendah lagi.

Kemandirian memberi kekuatan agar kita percaya diri dalam menghadapi hidup. Orang yang terlatih menghadapi masalah akan sangat berbeda semangatnya dalam mengarungi hidup dibandingkan dengan orang yang selalu bersandar dengan orang lain .


Bagi saya Mandiri itu adalah sikap mental !. Kasus korupsi di negeri ini mencerminkan mental tidak mandiri itu masih membelenggu. Maunya selalu bergantung kepada fasilitas, bergantung pada kekuasaan,,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar