Senin, 21 Maret 2011

Mengembalikan Settingan Windows7 yang Hilang

Tips kali ini adalah pengalaman saya sendiri. Berawal dari komputer saya (menggunakan Windows 7 Ultimate) yang ber-virus. Saya juga gak tau virus itu berasal, yang jelas saat di scan menggunakan anti virus lokal, tak terdeteksi adanya virus. Jadi saya beranggapan bahwa komputer saya baik-baik saja, seperti yang di katakan oleh anti virus lokal tadi.

Setelah itu komputer saya matikan. Namun saat dihidupkan kembali, ada beberapa settingan yang hilang diantaranya, Theme Windows saya yang berubah. setelah cek ternyata Theme-nya disable, mau mutar lagu juga sound-nya gak berfungsi. Setelah cek sana sini, ada sebahagian program yang gak bisa dijalanin. Saya jadi bingung.

Yang bikin makin bingung lagi, Waktu mau Connect ke internet, gak bisa juga. Saya coba Create Connection juga gak berhasil. Kemudian saya putuskan untuk install ulang Windows-nya, dan mulai menyelamatkan data-data penting saya.

Namun saya ragu (karena menurut antivirus lokal tadi komputer saya baik-baik saja), dan saya kutak katik lagi untuk mengembalikan settingan windowsnya.

Akhirnya komputer saya gak jadi saya install ulang dan data-data saya semua selamat :)). Berikut langkah-langkahnya:

Saya Restart Komputer, kemudian tekan F8 untuk memilih opsi start up.

Mengembalikan Settingan Windows7 yang Hilang

Nah, disitu banyak terdapat opsi untuk memulai start up/Boot, ada Repair Your Computer, start windows normally, safe mode dll.
(liha gambar diatas).

Saya pilih opsi yang paling atas Repair Your Computer ya tenu saja untuk memperbaiki komputer saya yang gak jelas kenapa. :((

Mengembalikan Settingan Windows7 yang Hilang

kemudian saya ikuti langkah selanjutnya yaitu setting Language dan password user untuk Log In.
Untuk seting language oomais akan terisi English (US). dan untuk input keyboard, bisa dipilih opsi sesuai dengan kebuuhan, tapi

untuk hal ini saya isi saja dengan US (defaulnya bro..). kemudian klik Next.

Mengembalikan Settingan Windows7 yang Hilang

Muncul Dialog untuk log-in local user. Kebetulan saya log in-nya gak pake password, saya klik OK.

Mengembalikan Settingan Windows7 yang Hilang

Kemudian muncul lagi opsi-opsi unuk repair komputer diantaranya: (lihat gambar dibawah)

Mengembalikan Settingan Windows7 yang Hilang

Kalau gak ngerti salah komputernya dimana, klik aja satu persatu opsi diatas, kemudian dengan sabarlah menunggu.. :))

Setelah selesai, kemudian klik Shut Down atau Restart, dan kalau ini berhasil, komputer akan kembali ke settingan awal.

Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar