Rabu, 09 Maret 2011

Sego Gegog .... Oleh 2 Touring ke Trenggalek ...


Nyam..nyam
Sego gegok mungkin adalah salah satu makanan yang mungkin hanya ada di negeriku, tepatnya di daerah Trenggalek Jatim. Sego gegok semacam nasi bungkusan yang terbuat dari nasi, ikan teri dan parutan kelapa dengan bumbu yang ekstra hot yang dibungkus daun pisang. Proses pembuatannya pun tidak sulit. Pertama beras dimasak setengah matang kemudian ditambahkan ikan teri yang sudah dicampur dengan bumbu kelapa pedas lalu ditanak kembali sampai matang bersama dengan daun pisang sebagai pembungkusnya.

Tempe krenyes  ..... pelengkap hidangan ...
dimakan langsung beralas daun pisang ,,,, menambah selera makan ,



Nasi geghog ini sudah menjadi menu sehari-hari masyarakat Trenggalek. Khususnya di Desa Srabah, Kecamatan Bendungan. Yang khas dari nasi geghog ini adalah ikan teri dan rasa pedasnya. Bahkan rasa pedasnya nasi geghog ini diyakini warga, bisa menghilangkan rasa pusing di kepala dan hidung yang tersumbat akibat influenza menjadi plong.

Nasi khas pedesaan dibuat dari bumbu-bumbu yang sederhana, antara lain cabe, bawang merah dan putih serta beras dan ikan teri. Beras yang sudah dibersihkan dimasak hingga setengah matang, lalu setiap satu bungkus nasi setengah matang ditambahi sambal teri dan dibungkus daun pisang dan dimasak hingga 15 menit. Nah .. aroma daun pisang ini lah yang membuat Khas ...

Untuk memberi rasa pedas yang luar biasa, sambal terinya memakai cabe rawit. citarasa pedas inilah yang menjadi pilihan penikmat nasi gegok didaerah pegunungan ini. 

Sego gegok ini biasanya disantap ketika masih hangat dengan lauk tahu bola atau tempe goreng dilengkapi dengan segelas susu panas, teh atau wedang jahe. Hmm..sudah terbayang nikmatnya kan? ditambah lagi dengan lokasi warung yang berada di daerah pegunungan yang dingin dan segar. Wah..bagi Anda yang pernah singgah ke Trenggalek wajib hukumnya untuk menikmati sensasinya. Bagi Anda yang suka pedas, maka saya sangat merekomendasikannya. dijamin no colesterol
go..gegog..go gegok..go..!!!

1 komentar:

  1. waahh,,, bener dah, pedes gurihnya itu yang bikin ketagihan. bakal ngabisin berbungkus-bungkus kalo udah nyobain. Asli gak bakal NYESEL.

    BalasHapus